Kamis, 18 Maret 2010

Media pembelajaran

BAB I

PENDAHULUAN

MEDIA PEMBELAJARAN

MEMILIH MEDIA PEMBELAJARAN BAHSA ARAB

Latar Belakang

Setelah kita banyak belajar tentang pengertian dan konsep umum tentang media pembelajaran. Kami dari kelompok tiga akan kami khususkan bahsan kami seputar pemilihan media pembelajaran bahasa arab. Yang meliputi prasyarat, dasar pertimbangan, criteria dalam pemilihan media pembelajaran bahasa arab.

Pemilihan media pembelajaran sangat menentukan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Selain media faktor perencenaan juga perlu diperhatikan oleh guru. Tanpa kedua unsure tersebut tidak akan teripta pembelajaran yang efektif.

Akan tetapi harus diperhatikan oleh seorang guru tentang cara pemakaian dan penguasaan terhadap media yang akan digunakan. Karena percuma jika kita tidak dapat menggunakan media tersebut. Karena sering terjadi kasus seperti ini, fasilitas termasuk sarana dan prasarana tidak dipakai dan dibiarkan begitu saja, hanya karena tidak punya penguasaan tentang media yang akan dipakai.


Rumusan Masalah

1. Apa saja syarat-syarat media pembelajaran bahasa arab?

2. dasar pertimbangan apa yang dipakai dalam media pembelajaran bahsa arab?

3. Bagaimana menentukan criteria pemilihan media pembelajaran bahsa arab?


BAB II

PEMBAHASAN

2. a. Syarat- Syarat Menentukan Media Pembelajaran Bahasa Arab

Pembelajaran yang efektif memerlukan perencanaan yang matang. Sebelum kita menentukan media pembelajaran yang cocok kita perlu mempertimbangkannya lebih dulu. Percuma jika guru mempunyai media tapi akan tetapi tidak mampu menggunakannya. Oleh karena itu sebelum menentukan pemilihan harus ada prasyarat yang perlu dipenuhi antara lain:

1. Menganalisis karakteristik umum kelompok sasaran.

2. Menyatakan atau merumuskan tujuan pembelajaran

3. Memilih, merancang atau memodifikasi dan mengembangkan materi dan media yang tepat

4. Menggunakan materi dan media

5. Meminta tanggapan dari siswa

6. Mengevaluasi hasil belajar

2. b. Dasar Pertimbanagan Pemilihan Media Pembelajaran

Dasar pertimbangan media pembelajaran dapat dilakukan dengan mempertimbangkan factor-faktor berikut:

1. Hambatan pengembangan dan pembelajaran yang meliputi factor dana, fasilitas dan peralatan yang telah tersedia dan waktu yang tersedia.

2. Persyaratan isi, tugas, dan jenis pembelajaran. Isi isi pembelajaran beragam dari sisi tugas yang ingin dilakukan siswa.

3. Hambatan dari siswa dengan mempertimbangkan kemampuan dan ketrampilan awal.

4. Pertimbangan lainnya adalah tingkat kesenangan dan ke efektifan biaya.

5. Media sekunder harus mendapat perhatian karena pembelajaran yang berhasil menggunakan media yang beragam.

Selain itu sebelum membeli media pembelajaran perlu adanya pertanyaan praktis yang diajukan antara lain:

1. Apakah media yang bersangkutan relevan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai?

2. Apakah ada sumberinformasi, katalog, dan sebagainya mengenai media yang bersangkutan?

3. Apakah perlu dibentuk tim untuk mereviu yang terdiri dari para calaon pemakai?

4. Apakah ada media di pasaran yang telah di validasikan?

5. Apakah media yang bersangkutan boleh di reviu yang sudah di bakukan?

2. c. Kriteria Pemilihan

Criteria pemilihan media bersumber dari sistem instruktusional secara keseluruhan. Untuk itu, ada beberapa criteria yang harus diperhatikan dalam memilih media.

1. Sesuai dengan tujuan yang ingin di capai. Media dipilih dan di pilah berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan yang secara umum mengacu kepada salah satu atau gabungan dari dua atau tiga dari ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik.

2. Tepat untuk mendukung isi pelajaran yang sifatnya konsep, fakta, atau prinsip. Media yang berbeda, misalnya film dan grafik memerlukan symbol dank ode yang berbeda, dan oleh karena itu memerlukan proses dan ketrampilan yang berbeda untuk memahaminya.

3. Praktis, luwes dan bertahan. Jika tidak tersedia waktu dana atau sumberdaya lainnya untuk memproduksi tidak perlu dipaksakan. Media yang m,ahal dan dan mmemakan waktu lama itu belum menjadi jaminan sebagai media yang terbaik.

4. Guru trampil menggunakannya. Ini merupakan salah satu criteria utama. Apa pun media yang digunakan seorang guru harus mampu mengaplikasikannya dalam proses belajar mengajar.

5. Pengelompokan sasaran. Media yang efektif untuk kelompok besar belum tentu sama efektifnya jika digunakan pada kelompok kecil. Jadi seorang guru harus bisa mengelompokkan sasaran yang akan dituju.

6. Mutu teknis. Pengembangan visual baik gambar atau fotograf harus memenuhi persyaratan teknis tertentu. Tidak Cuma media visual saja melainkan semua media yang kitga gunakan harus sesuai dengan mutu dan teknis yang telah ditentukan. [1]


BAB III

KESIMPULAN

Selain media pembelajaran juga di perlukan perencenaan yang matang. Perencanaan di perlukan untuk lebih memudahkan media yang cocok dan mampu membantu perencanaan tersebut. Oleh karena itu perlu adanya pemilihan dalam penentuan media. Sebelum memilih di perlukan dasar pertimbngan dan kriterianya.



[1][1] Arsyad azhar, “Media pembelajaran”. 1997. Jakarta: PT.Raja Grafindo Sejahtera

0 komentar:

Posting Komentar