Rabu, 21 April 2010

PPL Sekolah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 7

Mata pelajaran : Bahasa Arab
Satuan Pendidikan : MA Al Miftah
Kelas / Semester : X / Genap
Ketrampilan : Menulis (Struktur)
Alokasi Waktu : 2x45 Menit
I. Standar Kompetensi:
Memahami informasi lisan, Mengungkapkan informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang Hobi
II. Kompetensi Dasar:
• Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
• Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar
III. Indikator:
• Menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didektekan oleh guru
• Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
• Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
• Membuat wacana/cerita sederhana sesuai tema
IV. Materi Pokok:
Materi Qawaid:
• بعض حروف الجر ومعانيها الكثيرة الورود







V. Uraian Materi
حروف الجر
الأمثال:
1. أحمد يدرس في المدرسة الثانوية
2. يذهب سعيد إلى السوق
3. الوقت كالسيف
4. تكتب فاطمة بالقلمين
5. الفوز للمجتهدين
6. يجب على المسلمين الصلاة
القاعدة:
• من حروف الجر: في، إلى، الكاف، الباء، اللام، على
يجر الاسم المفرد بالكسرة و يجر الاسم المثنى وجمع المذكر السالم بالياء
VI. Metode:
• inquiri
• penugasan
• diskusi
• presentasi
VII. Langkah-langkah Pembelajaran:
NO
Langkah-Langkah Kegiatan Metode Waktu
1







2





















3 Kegiatan Awal

1) Guru mengucapkan salam sebagai pembuka dan menanyakan kabar siswa
2) Guru mengecek kehadiran siswa
3) Guru memberikan informasi tentang materi yang akan disampaikan.meliputi;topik serta tujuan pembelajaran dan ketrampilan menulis
Kegiatan Inti
1) Guru memberi prolog agar siswa berkumpul sesuai dengan kelompok masing-masing
2) Guru memerikasa tugas minggu kemaren
3) Guru bertanya pada siswa yang mereka ketahui dengn huruf jar
4) guru menulis beberapa contoh dipapan dan siswa menulis dibuku
5) Guru menerangkan tentang macam-macam huruh jar dan cara penggunaannya
6) guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya
7) Guru menyuruh siswa mengidentifikasi huruf jar yang ada dalam tugas cerita yang mereka buat
8) guru menunjuk salah satu kelompok untuk menulis kalimat dalam tugas cerita yang mengandung hruf jar
9) guru dan siswa menganalisis bersama kalimat yang ditulis salah satu kelompok dari sisi ketepatan penulisan dan menentukan huruf jar serta cara membaca kalimat keseluruhan
Kegiatan Penutup
1) Guru bersama siswa memberikan kesimpulan terhadap materi yang dipelajari
2) Guru bersama siswa merefleksi pembelajaran yang baru berlangsung, meliputi kelebihan, kelemahan dan kesulitan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran
3) Siswa diberi tugas untuk mencari huruf jara pada surat yang berbeda-beda








Inquiry




Modeling





Diskusi


presentasi









evaluasi



Penugasan
10 menit







70 menit































10 menit





VIII. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
a) LKS
b) buku bahasa Arab Toha Putra

IX. Penilaian:
a. Selama proses pembelajaran (pada saat KBM berlangsung)
Jenis : Individu dan kelompok
• Penilaian afektif:
NAMA KOMPONEN Nilai
Kejujuran *
Tingkat keaktifan di kelas
Ketepatan mengumpulkan tugas
Keaktifan dalam diskusi
Jumlah
*jika siswa memiliki komponen tersebut guru memberi tanda chek list ()
• Penilaian kognitif keterampilan membaca
NAMA KOMPONEN
ketepatan penulisan kalimat dengan kaidah jar majrur kesesuaian kaidah penulisan kerapian dalam menulis
Nilai


Mengetahui/menyetujui, Malang, 29 Januari 2009
Guru Bahasa Arab Guru Pengganti




Miftahul Mufid Miftah

0 komentar:

Posting Komentar